ITB 75 Gandeng Rumah Amal Berdayakan Masyarakat Cisondari Banjaran Untuk Pelihara Kambing Qurban

Admin | | ,
ITB 75 Gandeng Rumah Amal Berdayakan Masyarakat Cisondari Banjaran Untuk Pelihara Kambing Qurban



Banyak hal yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat,agar kesejahteraan tumbuh dan menebar banyak manfaat. Salah satu usaha tersebut, seperti yang dilakukan keluarga alumni ITB 75 yang bekerja sama dengan Rumah Amal salman, hal ini disampaikan oleh kang Riki selaku penangnggungjawabnya dalam obrolan sore diruang meeting Rumah Amal Mesjid Salman Rabu,(03/05/2017).

Program ini dimulai pada tahun 2014 dengan menyalurkan 80 ekor kambing kepada 40 keluarga, skemanya adalah Alumni ITB75 menyalurkan dana kepada Rumah Amal, kemudian Rumah Amal membeli anakan kambing yang kemudian dipelihara oleh masyarakat. Menjelang Hari Raya Idul Adha kambing yang telah dipelihara dibeli kembali oleh Rumah Amal dengan membayar selisih harga awal pembelian bakalan/bibit kambing. Pada tahap pertama program ini tidak sukses, karena dari 40 KK hanya 5 yang berhasil sisanya kambingnya hilang karena mati dan alasan lain.

Kegagalan ini kemudian mengharuskan Rumah Amal untuk menyeleksi calon peternak, yang kemudian terpilihlah 10 keluarga yang masing-masing memelihara 4 ekor kambing. Kendala lain yang kadang terjadi adalah, adanya batasan tertentu pada bobot kambing yang dibeli oleh Rumah Amal sehingga apabila kambing yang dipelihara tumbuh sangat bagus bobotnya terlalu besar, justru Rumah Amal tidak bisa membelinya karena ada batasan budget untuk setiap pembelian per-ekor kambing dan masyarakat harus berusaha menjual sendiri. Walau dengan segala kendalanya, program penggemukan hewan qurban yang dilakukan oleh masyarakat Cisondari-Banjaran-Kabupaten Bandung ini terus berjalan dan tetap berupaya agar terus tumbuh dan berkembang.


Related Post

0 Comments for "ITB 75 Gandeng Rumah Amal Berdayakan Masyarakat Cisondari Banjaran Untuk Pelihara Kambing Qurban "