Penanaman pala ini merupakan bagian dari program Agro Ekonomi jangka panjang. Alasan penanaman pala ini karena Biji Pala merupakan komoditi dengan nilai ekonomi cukup tinggi, kuantitas pohon pala khususnya di pulau jawa semakin berkurang, sebagai tolak ukurnya untuk jawa barat adalah kabupaten bogor, dimana kuantitas pohon pala semakin berkurang.


Alasan lainya jika penanaman ini memasyarakat (ditanam secara luas oleh masyarakat), hal ini memungkinkan untuk dilakukan penanganan komoditas pala ini dari hulu ke hilir. Yang sangat mungkin untuk dilakukan adalah dengan penyulingan minyak pala (minyak atsiri pala). Hambatan dari program ini adalah kebiasaan dari petani itu sendiri, mengingat sangat sulit mengubah pola tanam dan apa yang biasa ditanam oleh petani.
Untuk mengatasi hambatan ini maka kami mencoba menanam 150 pohon  Pala, tentu hal ini dilakukan setelah memeprtimbangkan kecocokan tanah dilihat dari ketinggian tanah (MdPl) yang memungkinkan pala bisa produktif menghasilkan buah.

Manfaat lain dari penanaman pala ini juga sebagai usaha penghijauan, menahan erosi tanah dan juga mempertahankan sumber mata air dilingkungan lahan percobaan Pala saat ini. Keuntungan penanaman pala dari segi modal, pala cukup sekali tanam dengan umur pohon bisa mencapai 70 tahun dengan perawatan yang baik.

Komoditas lain yang sedang kami coba adalah sayuran, adapun sayuran yang kami coba untuk dikembangakan adalah asparagus, alasannya sama yaitu kompditi bernilai tinggi dengan umur produksi yang lama. Asparagus sendiri dengan pengembangan tanaman akar bisa sampai belasan tahun.

0 Comments for " "