Program kebun amal ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena dimasyarakat, dimana keinginan untuk bersedekah/berinfak cukup besar, namun dari sisi materi sulit untuk terwujud tentu dengan berbagai alasan.

Keinginan beramal tersebut tentu harus terus dijaga dan ditingkatkan, salah satu potensi dari usaha menjaga keinginan baik tersebut adalah adanya kesediaan masyarakat untuk urun andil dalam sumbangsih tenaga. Karena kebutuhan dalam infak/sedekah ini dalam bentuk materi, maka bridging yang dilakukan adalah pemanfaatan tenaga tersebut agar bisa menghasilkan materi dan kemudian digunakan untuk infak/sedekah.

Untuk itulah maka, kami berinisiatif membuat program dengan nama Kebun Amal, dimana masyarakat yang memiliki keinginan kuat untuk berinfak/bersedekah menyumbangkan tenaganya untuk mengolah, menanam, memlihara dan memanen hasil kebun yang telah disiapkan, kemudian hasilnya diikrarkan bersama-sama untuk infak dan sedekah ataupun keperluan sosial dan keagamaan lainnya.


Untuk hal tersebut saat ini program kebun amal memiliki lahan gadai seluas ± 1960 M2 yang digarap oleh pemuda dan juga jama’ah pengajian serta masyarakat lain yang terlibat. Program yang dimulai pada 19 April 2017 ini memang baru melakukan hal – hal sederhana seperti pemeliharaan mesjid (pengecatan,perbaikan kelistrikan dan pembayaran listrik mesjid) juga sumbangan sosial walau dalam jumlah yang masih sangat terbatas. Namun hal ini menumbuhkan harapan bahwa program ini bisa menumbuhkan sikap dermawan pada setiap individu dimasyarakat dan mampu menumbuhkan jiwa yang gemar infak dan sedekah.

0 Comments for " "