KOPERASI yang kami rintis pada Oktober 2015 dan memulai opersional pada bulan tersebut. Merupakan koperasi yang dirintis dan dikembangkan dalam komunitas pengajian/jama’ah pengajian. Pengembangan dilingkungan pengajian tersebut dengan tujuan agar adanya sinergi dari usaha penguatan dalam tujuan ghordlu al dunya (tujuan duniawi/ekonomi) dan ghordlu al akhiroh (tujuan ukhrowi).  Adapun alasan utama dari pendirian koperasi ini adalah karena :

1. Rentenir.

Hal ini masalah klasik yang mungkin terjadi disetiap daerah, dan salah satunya seperti yang terjadi di kampung kami, kampung Patrol Sukanagara-Tanjung siang – Subang. Mayoritas dari masyarakat dikampung kami sebagai petani yang mengandalkan penghasilan dari ladang dengan hasil panen menunggu waktu berbulan-bulan, namun rentenir menagih setiap minggu tentu hal ini menjadi masalah serius bagi petani. Untuk melawan rentenir maka prinsipnya “uang harus dilawan uang” rentenir bawa uang maka kopersipun menyediakan uang, dan kami bersyukur saat ini kampung kami sudah terbebas dari rentenir yang dulu setiap minggu menyambangi kampung kami.

2.      2. Ketersediaan modal.

Hal inipun merupakan kebutuhan pokok dalam pertanian, banyak terjadi petani tidak bisa menggarap ladang/sawahnya karena tidak memiliki modal tanam, yang terkadang menyeret mereka untuk kembali pada rentenir atau tengkulak yang menekan harga. Maka diperlukan suatu lembaga penyedia modal yang memiliki kemudahan akses dan juga keringanan dalam pembayaran. Dan untuk itulah kemudian Koperasi ini didirikan.

Sebagaimana telah disinggung, keberhasilan utama koperasi saat ini yaitu bisa membentengi kampung kami dari para rentenir yang dulu datang setiap minggu. Koperasi ini bisa cepat berhasil karena dikembangkan melalui jama’ah pengajian yang dulunya merekapun sebagiannya adalah nasabah rentenir itu sendiri. Saat ini (Juli 2017) koperasi masuk pada periode ke-2 dan akan melaksanakan tutup buku ke-2 pada bulan Agustus 2017.

0 Comments for " "